Sabtu, 11 Oktober 2014

Determinasi Gigi Part.1 (Atas bawah)

oke dimulai! Assalamualaikum wr. wrb.... setelah lama tidak posting akhirnya bisa posting juga dan sharing kepada teman-teman kedokteran gigi tentang perbedaan antara gigi atas dan bawah. jangan belajar dari phantom gigi, belajar langsung dari elemen gigi asli biar mudah dan anatominya jelas. dan sebelumnya teman-teman harus mengerti tentang istilah mesial, distal, lingual, labial, bukal, palatal, cups, maxila, mandibula dll ya....
a. perbedaan gigi insisiv atas dan bawah:
instruksi:

ralat: mesio-distal

atas: 1. dilihat dari labial, lebar cups mesio-distal lebih lebar daripada lebar servical line. 2.dilihat dari akar: akar insisiv atas lebih membulat dan bervolume. 3.dilihat dari palatal/lingual: cingulum insisiv atas sangat jelas lekukannya
bawah: 1. dilihat dari labial, lebar cups mesio-distal hampir sama daripada lebar servical line. 2.dilihat dari akar: akar insisiv bawah lebih pipih dan runcing. 3.dilihat dari palatal/lingual: cingulum insisiv bawah samar/tidak terlihat.

b. perbedaan gigi caninus atas dan bawah:
instruksi:

atas: 1.dilihat dari labial: jika ditarik garis imajiner antara ujung cups-servical dengan mesio-distal berbentuk "plus" (+). 2.dilihat dari akar: akar caninus atas lebih membulat dan bervolume. 3.dilihat dari palatal/lingual: cingulum caninus atas sangat jelas lekukannya
bawah: 1.dilihat dari labial: jika ditarik garis imajiner antara ujung cups-servical dengan mesio-distal berbentuk "salib". 2.dilihat dari akar: akar caninus bawah lebih pipih dan runcing. 3.dilihat dari palatal/lingual: cingulum caninus bawah samar/tidak terlihat.

c. perbedaan gigi premolar atas dan bawah:
instruksi:



atas: 1. dilihat dari akar: jumlah akar dua atau satu. 2.dilihat dari oklusal: premolar atas berbentuk boneka tersenyum dengan segi panjang membulat. 3.dilihat dari mesial/distal: ujung cups tinggi (cups bukal hampir sama tinggi dengan cups palatal) dan runcing.
bawah: 1.dilihat dari akar: jumlah akar satu. 2.dilihat dari oklusal: premolar bawah berbentuk anjing "bull dog" lebih membulat. 3.dilihat dari mesial/distal: ujung cups kecil (cups bukal lebih tinggi daripada cups lingual) dan membulat.
d. perbedaan gigi molar atas dan bawah (kecuali M3) atas: jumlah akar 3, dilihat dari oklusal membentuk jajargenjang bawah: jumlah akar 2, dilihat dari oklusal membentuk persegi terimakasih mungkin ini sedikit penjelasan tentang perbedaan gigi rahang atas dan bawah. InsyaAllah postingan selanjutnya tentang perbedaan gigi insisiv 1 dan 2 atas, perbedaan insisiv 1 kanan kiri rahang atas, dan perbdaan insisiv 2 kanan kiri rahang atas.
kritik dan saran wa: 085730141486
semoga bermanfaat dan lulus Skill lab Dental Anatomi.
Wasslamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar